Cara Mengobati Patah Tulang Tanpa Operasi

By | April 14, 2017

Cara Mengobati Patah Tulang Tanpa Operasi – Di Indonesia, banyak beredar penanganan alternatip yg diklaim bisa menangani patah tulang. Meski begitu, kita tetap disarankan buat mengunjungi docter ortopedi bila mengalami keadaan ini demi mendapat pengobatan yg tepat.

Cara Mengobati Patah Tulang Tanpa Operasi

Patah tulang (praktur) terjadi saat tulang dihantam oleh sesuatu yg kekuatannya melebihi kekuatan tulang itu sendiri. Sebagai misal, patah tulang bisa terjadi saat kita terjatuh dari ketinggian tertentu, mengalami kecelakaan saat berkendara, cedera saat berolahraga, atau saat tulang terhantam benda-benda keras. Keadaan tersebut pun dapat diakibatkan oleh penyakit osteoporosis.

Perasaan sakit, terlihat adanya pembengkakan, memar, berdarah, atau terdapat bagian tulang yg menonjol di bawah kulit yg luka mungkin kita alami saat mengalami patah tulang.

Parah atau taknya patah tulang bergantung dari lokasi terjadinya patah tulang & seberapa luas kerusakan tulang, dan jaringan yg terdapat di sekitarnya. Komplikasi bisa terjadi bila kita mengalami patah tulang serius yg tak mendapat pengobatan yg tepat. Kemungkinan komplikasi seperti kerusakan di pembuluh darah & sarap, peradangan tulang, atau peradangan di jaringan di sekitarnya.

Berikut beberapa misal jenis patah tulang yg bisa ditangani oleh docter ortopedi:

Praktur sederhana.Keadaan tersebut terjadi saat tulang kita patah jadi dua bagian.
Praktur terbuka.Tulang terlihat menonjol keluar lewat kulit Anda.
Praktur tertutup.Kulit kita terlihat tak sobek & tak terdapat tonjolan, namun keadaan tulang didalam rusak.
Praktur kominutip.Tulang kita patah jadi setaknya tiga bagian atau lebih (remuk).
Praktur greenstick.Saat satu sisi tulang patah, kemudian sisi lainnya membengkok dampak menanggapi tekanan yg berlebih. Keadaan tersebut sering terjadi di anak-anak.
Praktur oblig.Patah tulang yg melengkung atau miring.
Praktur stres.Retak kecil bisa terjadi saat tulang bekerja dengan cara berlebihan atau melakukan gerakan yg sama dengan cara terus-menerus. Keadaan tersebut umum dialami oleh atlet.
Praktur patologis.Tulang mengalami kerusakan dampak penyakit.
Cara Ortopedi Mengobatinya

Inti dari ortopedi yakni mengembalikan tulang yg patah ke posisi semula & mencegah tulang bergeser sebelum kondisinya pulih. Sebelum melakukan tindakan, docter ortopedi bakal bertanya tentang kronologis kejadian yg kita alami, riwayat kesehatan, dan tanda-tanda yg kita rasakan. Lalu docter bakal memeriksa keadaan tulang dan mengetahui jenis patah tulang yg kita alami dengan sinar-KS.

Berikut beberapa metode yg digunakan buat mengobati patah tulang:

Memasang gips. ini ialah pengobatan terumum yg digunakan dalam mengobati patah tulang. Sebelum memasang gips, docter ortopedi bakal memastikan tulang kita telah dalam kondisi sejajar. Bila belum sejajar saat dipasang gips, cedera tak bakal sehat dengan benar.

Menggunakan sling atau perban khusus. Metode tersebut digunakan bila kita mengalami patah tulang di area yg sulit dijangkau oleh gips. Misalnya patah tulang selangka. Sling tersebut bakal membatasi gerakan kita sehingga tulang yg berproblem bisa tumbuh & menyambung kembali.

Operasi. Bila tulang kita sudah hancur atau patah jadi beberapa bagian, docter mungkin bakal melakukan operasi. Docter bakal menyambung tulang-tulang ini dengan memasang pen atau pelat khusus.

Proses penyembuhan dapat memakan waktu sampai berminggu-minggu atau hitungan bulan. Itu semua tergantung dari jenis, keparahan patah tulang yg kita alami, dan kepatuhan kita dalam menjalani semua instruksi dari docter.

Selama proses ini, kekuatan otot-otot kita di area yg cedera kemungkinan bakal melemah. buat mengembalikan kekuatannya, kita dapat melakukan olahraga tertentu yg disarankan oleh docter ortopedi. Olahraga ini pun dapat membantu mengembalikan pleksibilitas persendian Anda.

Cara Mengobati Patah Tulang Tanpa Operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *