Obat Penyakit Crohn

By | April 8, 2017

Obat Penyakit Crohn – Penyakit Crohn atau Crohn’s disease ialah penyakit inplamasi usus seumur hidup dimana bagian dari system pencernaan bisa menjadi bengkak & luka yg mendalam yg umum disebut ulkus. Penyakit Crohn umumnya ditemukan di bagian terakhir dari usus kecil & bagian pertama dari usus besar. namun perkara tersebut dapat saja berkembang di mana saja di saluran pencernaan, baik itu dari mulut ke anus.

Obat Penyakit Crohn

Faktor penyebab Penyakit Crohn

Faktor penyebab pasti penyakit Crohn tak diketahui. ini ialah suatu keadaan yg terjadi saat system kekebalan tubuh kita keliru menyerang & menghancurkan jaringan tubuh yg sehat (gangguan autoimun).

Orang yg terserang penyakit Crohn yg berkelanjutan (kronis) dengan infeksi saluran pencernaan mungkin melibatkan usus kecil, usus besar, rektum, atau mulut. Infeksi mengakibatkan dinding usus jadi tebal.

Ada beberapa paktor yg berperan dalam penyakit Crohn:

Gen kita & riwayat keluarga (orang-orang keturunan Yahudi berada di resiko yg lebih tinggi)
Paktor-paktor lingkungan
Kecenderungan tubuh kita buat bereaksi berlebihan terhadap bactery normal dalam usus
Merokok
Penyakit Crohn bisa terjadi di semua usia. ini umumnya terjadi di orang antara umur 15 hingga 35 tahun.

Tanda & Ciri Penyakit Crohn

Tanda utama dari penyakit Crohn ialah perut sakitdan diare (kadang-kadang dengan darah). Sebagian orang mungkin mengalami diare 10 hingga 20 kali sehari. Kehilangan berat badan ialah ciri lain yg tersering. Tanda yg kurang kerap seperti penyakit sariawan, penyumbatan usus, pissura anal, & pistula antara organ.

Peradangan, perubahan hormonal, & merokok bisa mengakibatkan tanda penyakit tersebut semakin meningkat. kita mungkin hanya terserang tanda ringan atau tak terdapat tanda sama sekali buat waktu yg lama. Sedangkan sebagian orang yg sudah mengalami dalam jangka waktu yg lama, bakal menampakkan tanda yg parah.

Sungguh penting buat menyadari ciri-ciri bahwa penyakit Crohn mungkin bakal semakin buruk. Hubungi docter kita segera bila kita mempunyai salah satu dari ciri-ciri ini:

Anda merasa lemas atau mempunyai denyut nadi cepat & lemah.
Anda mengalami nyeri perut yg parah.
Anda mengalami demam atau menggigil.
Anda muntah berkali-kali
Diagnosa & Tes Pemeriksaan Penyakit Crohn

Gambar Usus Penyakit CrohnTes buat mendiagnosa penyakit Crohn meliputi:

Barium enema atau upper GI series
Colonoscopy atau sigmoidoscopy
Computed tomography (CT scan) dari perut
Endoskopi, termasuk kapsul endoskopi
Magnetic resonance imaging (MRI) dari perut
Enteroscopy
Kultur tinja bisa dilakukan buat menyingkirkan kemungkinan faktor penyebab lain dari tanda.

Penyakit tersebut pun bisa mengubah hasil tes berikut:

Albumin
C-reactive protein
Tingkat sedimentasi eritrosit
Lemak Tinja
Hemoglobin
Jumlah sel darah putih
Pengobatan Penyakit Crohn

Pengobatan penyakit Crohn bakal tergantung di jenis tanda yg & seberapa buruk penyakit tersebut sudah berlangsung. terdapat beberapa langkah yg bisa kita ambil buat membantu jadi lebih baik. makan obat dari docter Anda, olahraga, & konsumsi makanan yg sehat. Tidak boleh merokok. Merokok membuat penyakit Crohn bertambah buruk. Tanda ringan dari penyakit Crohn bisa diatasi dengan obat-obatan seperti buat menghentikan diare. Loperamide (Imodium) dapat dibeli tanpa resep docter. namun mesti dikonsultasikan terlebih dulu kepada docter sebelum mengonsumsinya, sebab dapat saja obat-obat ini bisa mengakibatkan epek negatif.

Obat-obatan yg diresepkan dari docter bisa membantu mengontrol infeksi dalam usus & membantu mengobati jaringan yg rusak & bisa menunda kemungkinan pengobatan penyakit tersebut dilakukan tindakan operasi.

Diet & Zat giji

Penyakit Crohn membuat sulit untuk tubuh kita buat menyerap zat giji dari makanan. Diet berpokus di berkalori tinggi, makanan kaya protein dapat membantu kita memperoleh zat giji yg kita butuhkan. kita mesti konsumsi makanan yg seimbang, diet sehat. Sertakan cukup kalori, protein, & zat giji dari berbagai kelompok makanan. Tak terdapat diet khusus buat membuat tanda Crohn jadi lebih baik atau lebih buruk. Problem makanan tertentu bisa bervariasi dari orang ke orang.

Tapi, beberapa jenis makanan bisa membuat diare & gas buruk. buat membantu meringankan tanda, kita bisa mencoba:

Makan dalam jumlah kecil sepanjang hari.
Minum banyakair (minum dalam jumlah kecil & kerap sepanjang hari).
Mengjauhi makanan kaya serat (dedak, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, & popcorn).
Mengjauhi lemak, makanan berminyak atau gorengan & saus (mentega, margarin, & krim kental).
Membatasi produk susu bila kita mempunyai problem mencerna lemak susu. Cobalah keju dengan kadar laktosa rendah, seperti keju Swiss & cheddar, & produk enjim, seperti Lactaid, buat membantu memecah laktosa.
Mengjauhi makanan yg kita tahu mengakibatkan gas, seperti kacang-kacangan.
Tanyakan kepada docter kita mengenai tambahan vitamin & mineral, kita mungkin perlu:

Suplemen jat besi (bila kita mengalami anemia)
Kalsium & Vit. D buat membantu merawat tulang kita kuat
B12 buat mencegah anemia
Obat-obatan

Obat-obatan lain buat membantu meringankan tanda antara lain:
Suplemen serat bisa membantu meringankan tanda Anda. kita bisa membeli bubuk psyllium (Metamucil) atau metilselulosa (Citrucel) tanpa resep. Tanyakan kepada docter kita mengenai produk tersebut & semua mengenai obat-obatan pencahar. Acetaminophen (Tylenol) buat nyeri ringan. Jauhi obat-obatan seperti aspirin, ibupropen (Advil, Motrin), atau naproksen (Aleve, Naprosyn) yg bisa membuat tanda lebih buruk.

Docter kita pun bisa memberikan resep buat obat sakit yg lebih kuat, seperti:

Aminosalicylates (5-ASAS): obat yg membantu mengontrol tanda ringan hingga sedang. Beberapa obat bisa diberikan lewat oral atau anal.
Kortikosteroid (prednison & metilprednisolon): mengatasi dengan cara moderat penyakit Crohn yg parah. Mereka bisa dikonsumsi lewat mulut atau dimasukkan ke dalam rektum.
Obat seperti ajathioprine atau 6-mercaptopurine: buat system kekebalan tubuh.
Antibiotik: mengatasi abses atau pistula.
Terapi biologis: dipakai buat penyakit Crohn yg parah yg tak berespon terhadap jenis obat lainnya. Obat-obatan dalam kelompok tersebut termasuk Inpliksimab (Remicade) & adalimumab (Humira), certolijumab (Cimjia), & natalijumab (Tysabri).
Bedah

Sebagian orang dengan penyakit Chron mungkin membutuhkan pembedahan buat menghilangkan bagian yg rusak atau nyeri dari usus (reseksi usus). Dalam beberapa kasus seluruh usus besar (kolon) bakal diangkat, dengan atau tanpa dubur.

Penderita yg mempunyai penyakit Crohn yg tak merespon terhadap obat mungkin membutuhkan pembedahan buat mengobati problem seperti:

Perdarahan (hemorrhage)
Kegagalan buat tumbuh (pada anak)
Pistula (hubungan abnormal antara usus & daerah lain dari tubuh)
Peradangan (abses)
Penyempitan (striktur) dari usus
Jenis operasi bedah yg mungkin dilakukan meliputi:

ileostomy
Reseksi usus besar
Reseksi usus kecil
Kolektomi
Proktokolektomi dengan ileostomy

http://www.grosirqncplus.com

Obat Penyakit Crohn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *